Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin membuka Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 hari ini (27/5/2022) di Jakarta. “Pameran ini merupakan ruang untuk memotivasi UMKM agar secara kontinyu menghasilkan terobosan yang adaptif, kreatif dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan pasar sesuai selera konsumen, berorientasi ekspor, dan memanfaatkan platform digital” kata Wakil Presiden dalam siaran pers Bank Indonesia hari ini.
KKI ini juga menjadi bagian Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia yang telah dicanangkan Pemerintah. Pameran ini juga merupakan panggung kolaborasi bersama antara BI dan Pemerintah yang merupakan sarana membangkitkan UMKM di masa pemulihan pascapandemi.
Dalam kesempatan itu Gubernur BI, Perry Warjiyo menegaskan “sinergi, digitalisasi, dan globalisasi adalah tema sekaligus tiga kunci untuk membangkitkan UMKM menjadi kekayaan nasional dan pendorong ekonomi secara global. Sinergi dilakukan secara erat antara 13 Kementerian/Lembaga, 5 asosiasi, dan 26 industri”.
Selanjutnya dikatakan “digitalisasi juga dapat dimanfaatkan untuk merancang desain produk UMKM. BI melakukan digitalisasi melalui QRIS dan BIFAST agar transaksi UMKM menjadi lebih cepat, mudah, aman dan handal. Globalisasi, KKI menampilkan produk unggulan berkualitas ekspor dengan harga produsen”. Katanya.
“Silahkan memborong produk UMKM dengan rasa bangga menggunakan produk Indonesia dengan menggunakan pembayaran digital” ajaknya dalam siaran itu.
Siar lainnya, Sejalan dengan semangat Presidensi G20 2022 untuk pulih bersama dan semakin kuat, KKI tahun ini mengusung tema “UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan” dengan tagar #BersamaUMKMBangkit dan #UMKMgodigital_goglobal.
(Sumber: Siaran Pers bi.go.id) – D.Wijaya/Gumikbali.com.
