Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengajak pelaku UMKM memaksimalkan kekuatan digital untuk pemasaran produknya. Hal ini sekaligus untuk meningkatkan daya saing serta perluasan akses pasar.
“Produk-produk pelaku ekonomi kreatif Indonesia memiliki kualitas dan daya saing yang tidak kalah dengan negara lain,” ujarnya, Senin. Menparekraf memberi contoh para peserta Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 yang menampilkan produk-produk beragam dan inovatif.
Menurut Sandi, media digital akan berperan lebih besar untuk meningkatkan daya saing dan akses pasar produk-produk UMKM Indonesia. Karena itu, Kemenparekraf berkomitmen terus melatih dan mendampingi agar pelaku UMKM dapat meningkatkan kualitas dan kapasitasnya.
“Pengguna media digital di Indonesia telah mencapai 221 juta orang,” kata Sandiaga. Melalui digitalisasi, lanjutnya, produk-produk UMKM Indonesia akan semakin mendunia hingga menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya.
Sandi berharap para pelaku UMKM dapat saling bekerja sama untuk sama-sama tumbuh dan berkembang. Salah satunya melalui program unggulan seperti AKI yang merupakan program pengembangan ekonomi kreatif. (sumber:RRI.co.id)